Lilin-lilin Kecil

Published Mei 24, 2009 by uminjapan

Assalamu`alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Saudaraku…

Pernahkan kita mendengar bait lagu ini..”Dan kau lilin lilin kecil, sanggupkah kau berpijar, sanggupkah kau memberi seberkas cahaya,…”

bait itu adalah syair lagi lilin lilin kecil, yang dinyanyikan oleh salah seorang artis yang sangat terkenal di Indonesia, ayo siapa coba…?

Saudaraku..

Kalau kita mau sedikit mengambil pelajaran dari lilin lilin kecil, kiranya illustrasi berikut ini dapat membantu kita memahami betapa lilin kecil itu akan sangat diperlukan untuk keluar dari sebuah kegelapan.

Coba saudara bayangkan,…

Saat itu saudara sedang berdiri di tengah-tengah sebuah ruangan aula yang seluasnya kira 100 meter x 70 meter, didalam aula tersebut tercecer meja, kursi dan benda2 lainnya yang tertata semrawut and acak-acakan….
Pada saat malam itu tiba-tiba lampu mati, gelap total dan saudara yang berada di tengah-tengah ruangan tersebut ingin berusaha keluar ruangan dengan selamat, tanpa harus berbenturan dengan kursi, meja atau benda lain yang akan membuat anda celaka. Kemudian seorang teman datang menolong saudara dengan tulus memberi saudara seribu lilin bercahaya di kedua tangan saudara, tapi pada saat yang sama, saudara saat itu justru enggan untuk membuka mata. saudara malah menutup mata rapat-rapat.

Kira-kira saja deh, bisakah saudara memanfaatkan seribu cahaya lilin yang diberikan teman saudara tadi untuk bisa berjalan keluar dari aula tersebut, Mampukah saudara keluar ruangan tadi TANPA SEDIKIT PUN MENABRAK MEJA, KURSI dan BENDA2 LAIN yang posisinya sudah acak-acakan?…. Bisakah?

Tapi bandingkan dengan yang satu ini….Ketika Saudara waktu itu “cuma” diberi teman saudara satu buah lilin yang bercahaya, namun disaat yang sama saudara MAU dan IKHLAS MEMBUKA MATA SAUDARA SELEBAR-LEBARNYA untuk berjalan keluar dari ruangan tersebut, sekarang saudara kira-kira juga, akankah saudara selamat tanpa menabrak satupun meja, kursi dan benda2 lainnya?

Saya yakin deh, saudara gak bakalan menabrak benda2 yang ada disitu, KECUALI JIKA SAUDARA SENIDIRI YANG MENABRAKKAN TUBUH SAUDARA.Iya kan?!!

Padahal ini baru “cuma” dengan SATU CAHAYA LILIN saja, bagaimana jika JIKA DUA, TIGA, LIMA, SEPULUH, LIMARATUS BAHKAN SERIBU LILIN YANG BERCAHAYA yang Saudara pakai dengan mata terbuka untuk berjalan, WOW !!!!

Subhaanallah, insya ALLAH Saudara akan selamat dengan sebenar-benarnya selamat jika keluar dari ruangan tadi sehingga tanpa tersandung sedikitpun meja, kursi atau benda2 yang ada di ruangan itu.

Tahukah saudara lilin kecil bercahaya diatas itu apa?
Tahukah teman yang memberikan Saudara lilin kecil bercahaya tadi siapa?

Lilin kecil yang bercahaya itu namanya ILMU, dan teman yang memberikan ILMU tersebut namanya AGAMA ISLAM. Subhaanallah…

Saudaraku..

Hari esok adalah misteri, ibarat ruang yang gelap, kita tidak tahu apa yang akan kita alami di hari esok , bahkan jangan kan hari esok 1 jam kedepan saja kita tak mengerti apa yang akan menimpa kita, mungkin kita bisa mengatakan semuanya kan bisa di planningkan, tetapi bukan kah begitu banyak planning yang menyimpang dari perencaan..?

Saudaraku , hanya ALLAH SWT maha mengetathui apa yang akan terjadi, tetapi yang jelas ALLAH sudah memberi kita cara mengatasi misteri itu, cara mengatasi kegelapan itu,.Yah..dengan ilmu, dengan ilmu kita akan bisa meraihnya, dengan ilmu kita akan berhasil, dan dengan ilmu kita akan sukses. Bukankah seorang ulama pernah mengatakan ” Jika engkau menghendaki dunia raihlah dengan Ilmu, jika engkau menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan jika engkau menghendaki keduanya railah dengan Ilmu.”..

Saudaraku…

Disekitar kita ini sebenarnya banyak ilmu, bahkan begitu dekat dengan kita, didalam diri kita pun tersimpan begitu banyak ilmu, hanya masalah maukah kita mengambil ilmu tersebut, atau kah kita sudah merasa banyak ilmu sehingga disaat ada yang memberi ilmu dengan tulus iklas, tetapi kita malah menutup mata..

Di dalam Al Quran ada petikan ayat, “ Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Al Mujadalah ayat 11.

Saya mengajak diri ini dan saudaraku karena ALLAH, Mari kita hiasi hidup kita dengan selalu memperkaya diri kita dengan ilmu, kemudian ilmu tersebut kita amalkan, dan saat mengamalkan ilmu tersebut kita iklashkan karena ALLAH semata. Insya ALLAH kita akan meraik sukses dunia dan akhirat bersama-sama.,…Yah Insya ALLAH.. kita saling mendoakan, saling berbagi kasih sayang, menebarkan cinta kasih yang tulus, menjadi kholifah termulya di bumi ALLAH ini..Insya ALLAH ..Aamiiiin…

Selamat berkarya dan berbuat yang terbaik dalan kehidupan ini.

Wassalamu`alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Asep Saepudin, Nagoya Japan

%d blogger menyukai ini: