Gerhana Matahari Cincin 2009..Subhanallah

Published Januari 27, 2009 by uminjapan

Subhanalllah keMahabesaran Allah,inilah salah satu bukti kebesaran Allah Semoga bisa menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Maka nikmat manakah yang kamu dustakan?…

Gerhana

Gerhana

Gerhana matahari cincin ini terjadi karena pada saat kejadian diameter bulan lebih kecil dari diameter matahari. Sehingga matahari tidak tertutup secara keseluruan dan membentuk sebuah cincin yang melingkar. Pakar Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Moeji Raharto memperkirakan, gerhana matahari cincin (GMC) akan kembali terjadi di Sumatera Selatan pada 26 Desember 2019.

Diprediksi gerhana cincin akan terjadi lagi pada 26 Desember 2019, dan lewat di Sumut. “Yang sekarang kan di Sumsel, sebelumnya juga tanggal 22 Agustus 1998 lewat Sumatera Selatan,” ujarnya di Pusat Pengembangan Informasi dan Teknologi Puspitek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (26/1/2009).

Menurut Moeji, di abad 21 ini warga Jakarta tidak bisa melihat gerhana cincin seutuhnya dan hanya melihat sebagian. “Seperti tadi kan hanya melihat seperti bulan sabit,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan, gerhana matahari cincin ini terbilang langka sementara gerhana matahari biasa terjadi dua sampai lima kali setiap tahun. “Kalau di Jakarta itu hanya 80 persen yang terlihat. Dan dari 80 persen Gerhana itu, yang lewat Indonesia hanya 20 persen,” katanya.

Ditanya apakah ada hubungannya gerhana cincin ini dengan perayaan Imlek yang diperingati hari ini, Moeji mengaku hanya kebetulan.

“Perhitungan penanggalan Cina itu berdasarkan peredaran bulan dan matahari. Makanya Imlek biasanya jatuh pada Januari atau Februari. Dan biasanya muncul di musim hujan. Sedangkan gerhana kan bisa saja terjadi di bulan lain selain Januari dan Februari,” jelasnya. (ded)(nov)

3 comments on “Gerhana Matahari Cincin 2009..Subhanallah

  • Alhamdulillah…peristiwa tersebut merupakan pengulangan sejarah yang terjadi pada alam akhwan.sekaligus memberikan signal kepada kita bahwa pada kondisi ruang ,waktu,dan massa yang sekarang ini..pasti akan terjadi pengulangan sejarah dalam konsep revolusi energi dan itu terjadi pada kehidupan insan manusia..akan munculnya cincin atau stempel atau khotaman pada prototipe manusia sebagai awal munculnya peradaban baru..

    kalau kita analisa dalam setiap era perjalanan peradaban manusia..selalu terjadi revolusi system kehidupan .dan setiap revolusi itu pasti akan ada cincin perjanjian..itulah mungkin bisa menjadi bahan renungan bagi manusia manusia yang mau mengenal karakter Allohnya .amien

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: