Daftar Makanan Haram di Jepang

Published Januari 20, 2009 by uminjapan

Assalamu`alaikum wr wb .. Sahabat-sahabatku yang kami cintai Allah SWT di manapun sahabat berada, marilah kita menjaga diri kita dari siksa api neraka salah satunya dengan menghindari makanan yang di haramkan oleh Allah SWT, Berikut kami sajikan daftar makanan yang tidak boleh dimakan bagi seorang muslim. Terkhusus bagi sahabat yang berada di luar negeri terutama Jepang, namun tidak menutup kemungkinan di negeri lain.

“ Wahai manusia!Makanlah dari(makanan) yang HALAL dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” ( Al-Baqoroh : 168 )

“ Tidak akan masuk syurga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang Haram,Neraka lebih utama untuknya.” ( HR. Ahmad )

No.

Japanese

Indonesia

English

Contoh Makanan

1

ショーテニング

Shortening

shortening

roti, coklat, biscuit, eskrim, dll

2

動物ショーテニング

shortening hewan

Animal shortening

roti, coklat, biscuit, eskrim,dll

3

ビーフエキス

ekstrak sapi

beef

ekstrak keripik kentang dan snack

4

鳥イキス/ チキンエキス

ekstrak ayam

chicken

ekstrak biscuit , minuman dan snack

5

豚とんこんつラードポーク

Babi

pork

ramen, kare, mie, soba,dan beberapa snack

6

肉エキス

ekstrak

daging

meat ekstrak mie

7

ビーフコンソメ

kaldu sapi

beef consome

keripik kentang

8

コンソメパウダー

serbuk kaldu

consome powder

keripik kentang

9

コンソメ

kaldu

consome

berbagai snack

10

洋酒

Arak

wine

coklat, kue, jelly

11

Sake

sake

coklat

12

アルコール

Alcohol

alcohol

shoyuu, cuka, minuman

13

ブランヂ

Brendi

brandy

biskuit, kue

14

ラム

Rum

western wine

kue, coklat

15

みりん

sake merah

red sake

nabe, yakisoba, chikuwa

16

マーガリン

Margarin

margarin

kue pie, roti

17

ワイン

min. anggur

wine

coklat, kue

18

ゼラチン(ゲリ)

Gelatin

gelatin

es krim, coklat, agar-agar, jelly

19

油脂

Lemak

fat

roti, coklat, es krim, kue

20

乳化剤

pengemulsi

emulisifier

roti, snack, susu olahan, keju

About these ads

20 comments on “Daftar Makanan Haram di Jepang

  • 鳥イキス/ チキンエキス itu apakah bukan dari sari ayam ? kenapa masuk kategori haram,..? sedangkan seperti
    ポくエキス tidak masuk daftar dimana yang saya tahu itu adalah babi.

  • iya bener dari ayam..sedang hewan yang di sembelih tidak menyebut nama Allah maka hukumnya haram (Q.S.2:173)..

    untuk daftar di atas yang berhasil kami saring…jadi belum semuanya masuk.. terima kasih tambahan dari mas budi kalau ada yang lain mohon di infokan akan kami tambahkan InsyaAllah di daftar tsb…

  • Kalo makan sayur2 yang dijapan gimana jg.. kan pupuknya jg dari babi,,,, trus kalo ayam saya seringnya beli yang ada tulisan halal.. sapi jga.. ada tulisan halal .. jadi gak apa apa kan… kanl yang jualan jg ustadz.. dia beli gak dari jepang.. kan impor dari arab langsung…. gpp kan.. kalo saya.. pedomannya.. gak makan daging babi.. trus.. ayam jepang.. trus… daging sapi jepang… gak minum sake… pokoknya yang ada tulisan babi gitu aja……
    untung aja.. saya makan seringnya seafood ma sarada ma sambel pecel.. jarang ngemil…..paling beli emping digoreng sendiri…

  • Eh.. kok roti / es krim ngga boleh ya Mas/Mbak..?
    Apanya yang haram yak? mengandung apa??
    Di Jepang emang susah ya mau makan doang. Haha.. :D

  • bahan utama 乳化剤 atau pengemulsi adalah lesitin..kenapa dinyatakan haram.sedangkan hampir 90% roti di jepang terdapat bahan tersebut,,thanks,,,

  • Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh Kepada reviewdramajepang Pada Dasarnya seluruh makanan dan minuman dihalalkan / diperbolehkan KECUALI yang dilarang / diharamkan jadi ga semua roti dan es ga boleh .. Jadi silahkan dilihat bahan – bahan yang terkandung didalamnya, biasanya bahan yang dilarang terdapat pada roti dan es krim adalah Emulsifer ( Yang tidak ada keterangan setelahnya atau tanda dalam kurung yang menjelaskan bahwa emulsifer ini dari tumbuhan atau kacang-kacangan berarti kalo setelah tulisan emulsifer tidak ada keterangan dan langsung koma( , ) maka itu tidak boleh ), Shortening, Margarin, Gelatin, dll **( Untuk shoetening dan Margarin keterangannya sama seperti Emulsifer kalo ada tambahan keterangan itu boleh)
    ” Dan satu hal ini pun merupakan salah satu cara SYETAN menyesatkan kita dari makanan yang dihalalkan Alloh karena orang yang memakan makanan HARAM maka ia akan jauh dari Alloh ( * engga ko saya ibadah nya rajin ) karena Alloh tidak menerima Ibadah seseorang apapun bentuknya kalau :
    * Pakaian – Makanan – Minuman – Pekerjaan *
    Dari yang HARAM, ini berdasarkan
    ” Hadits dari Abu Hurairah Radiyallahuanhu bahwa Rasulullah Sollollohu`Alaihi Wasallam bersabda ” Sesungguhnya Alloh itu Maha Baik dan Dia tidak menerima kecuali yang baik-baik dan Sesungguhnya Alloh memerintahkan kepada oarng-orang yang beriman seperti apa yang diperintahkan kepada para Rasul !!! Oleh karena itu Dia berfirman
    “”” Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Al Mu`minun (23) : 51
    ****Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.Al BAqoroh (2) : 172
    Kemudian Rasululloh Menceritakan tentang seseorang yang melakukan perjalanan panjang ( dalam rnagka ketaatan seperti haji, bersilaturahim, ziarah dsb ) yang rambutnya Kusut berantakan dan Tubuhnya penuh debu , lalu orang tersebut mengangkata kedua tangannya ke langit seraya menyeru Tuhan ku ….Tuhan ku sambil ber Do`a ….. Sedangkan Makannya HARAM, Minumannya HARAM, Pakaiannya HARAM dan sejak kecil diberi makanan yang HARAM ,,Bagaimana DO`A nya akan DIKABULKAN ( HR. MUSLIM )
    Mudah-mudahan bisa dimengerti….

  • terimaksih atas informasi daftar makanan haramnya… dan insyaallah saya kan mencoba menghindari makanan yang diharamkan allah.ya..mingkin gak bisa langsung 100%sih tapi akan saya coba.hanya saja yang saya bingung klo pengen minum susu gmn?da g susu yang halal?klo memang susu d jp haram,berarti minuman yang mengandung susu(kopi susu,teh susu) gak boleh donk,padahal q suka meminumnya.

  • Akhi Heri …Untuk Susu di Jepang tidak semuanya haram ko. Yang Penting kalo susunya 100% murni itu ga da campurannya maka boleh , nah kalo yang ada campurannya tinggal liat aja di daftar kandungannya biasanya yang ada itu cuma Emulsifer 乳化剤 ( Nyukazai ) kalo ada itu ya ga BOleh
    Kalo susu insyaAlloh masih banyak yang boleh . Nah itu kalo makanan atau minuman ( yang paling banyak ) yang ada campuran susu nya itu biasanya ada campuran yang laennya, kalo beli Teh susu atau kopi susu atatu minuman yang ada susunya totlong diperhatikan biasanya sih campurannya ga boleh , kalo mao campur aja sendiri lebih enak

  • Saya tidak masak sendiri.
    Makanan dapat jatah dari rumah sakit, tetapi kayaknya masaknya secara massal, terkadang ada makanan yang dari pork. Jadi, apa yang bisa saya makan. Kalu beli makanan jadi yang seperti apa dan merk apa. Saya terus terang bingung…….?

  • mas agung dari akper ya??mmm selain onigiri yang ada di supa.. tau kan?itu juga yg isinya ikan ama unagi atau yg isinya lain harus dilihat juga sih,, kl makanan jadi kebanyakan dijepang emang susah,, kl temen 2 disini kebanyakan masak sendiri dan ada halal food store, yg tersebar di kanayama, anjo, dan beberapa tempat lain, atau tanya 2 deh ama anak2 ngaji di situ,,pasti banyak yg tau,,

  • saya mau nanya nih ustad, kalo makan tulang itu hukumnya gmn? mksd nya itu gini, kalo kita makan kaya sejenis leher ayam itu kan dagingnya sedikit, jadi kalo dikunyah semua sama tulangnya itu gmn hukumnya?

  • yang kami tahu itu gapapa,, kan tulang ayam,, mmm kecuali ayamnya ayam sembelihan orang2 hinddhu budha atau disini itu orang jepang yang tergolong musyrik,, itujelas haram 100 persen, daging maupun tulang

  • assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. alhamdulillah sangat bermanfaat sekali. semoga Allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda, amiin. kalau boleh saya ngasih tambahan バーター、イストフード、ブヨン、レシチン、ラード、ピアスマ、ベーコン、加工油脂、しょうゆ/ 醤油、酢、みそ/味噌、調味料(アミノ酸味)amino acid sebaiknya jangan di konsomsi ya akh? karena bhan2nya terkadang ada campuran lemak binatang dan alkohol. kalau ada yang salah tolong beritahu. terima kasih wassalamualaikum wr,wb

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: